Menu2

Friday, May 3, 2013

X KD 3 Musik Tradisional Indonesia



Ga me lan

G a m e l a n a t a u gangsa a d a l a h campuran dari perkataan tembaga ditambah rejasa. Tembaga dan rejasa adalah  nama logam yang dicampur dengan cara dipanasi.  Selain  dari tembaga  juga dapat dibuat  dari jenis  logam  lain seperti kuningan  dan besi, namun  agar dapat  menghasilkan  kualitas  suara  yang baik, gamelan d i b u a t dengan car a ditempa.
Gamelan   tebanya  (gaungnya)   telah  mendunia,   komponis   abad  20
Debussy,  pernah  mengadopsi  laras  gamelan  (Pentatonik)  untuk komposisinya.
Festival Gamelan Dunia I diadakan di Vancouver Canada pada tanggal
18-21  Agustus  1986,  di  Indonesia  festival  Gamelan  I  baru  diadakan  di
Yogyakarta pada tanggal 2-4 Juli 1995.
Gamelan ada yang berlaras pelog dan yang berlaras slendro, Gamelan yang  berlaras  pelog  disebut  Gamelan  Pelog  dan  Gamelan  yang  berlaras Slendro disebut Gamelan Slendro, perangkat gamelan ini adalah merupakan bagian-bagian dari Gamelan Ageng yang mempunyai Fungsi Hiburan.


Perangkat-perangkat  Gamelan :
x
Bilahan         :
gambang, gender, saron, slentem.
x
Pencon         :
gong, kempul, ketuk, kenong, bonang.
x
Kebukan       :
Kendhang
x x
Sebulan        : Dawai           :
Seruling
Rebab, siter

1.   Bonang :
x     Bonang Penerus/Babarangan  : Berlaras satu oktaf lebih tinggi tetapi bentuknya lebih kecil dari bonang barung.
x    Bonang Barung :
Yang bersuara rendah, bentuknya lebih besar.
x    Bonang Penembung :
Larasnya lebih rendah dan bentuknya lebih besar dari Bonang Barung.


Perbedaan Saron, Gender dan Slentem
2.   Saron
x    Saron Demung :
Berlaras paling rendah dari saron Barung.
x    Saron Barung :
berlaras lebih tinggi dari saron Demung.
x    Saron Penerus :
berlaras paling tinggi dari saron Demung dan Barung.




2.   Gender

Bilahan   yang   digantung,   bilahan   gender   berjumlah   lebih   kecil ukurannya  dan jumlahnya  lebih banyak  (13 bilahan),  jenis gender  hanya 3 macam.
x    Gender Barung :
x    Gender Penerus : lebih tinggi 1 oktaf



3.   Slentem

Bilahan  yang  digantung,  bilahan  slentem  lebih  besar  dari  bilahan Gender, jumlahnya lebih sedikit dari jumlah bilahan Gender yakni hanya berjumlah (7 buah).



Fungsi dalam permainan :
x    sebagai pemangku lagu / pemanis


4    Gong terbagi :
x
Terbesar      :
Gong Suwukan
x x
Sedang        : Kecil             :
Kempul
Bende

Fungsi bagian-bagian gamelan

Pemimpin irama      :     Kendhang
Pemangku irama     :     Ketuk kenong, kempul, gong, kempyang
Pemimpin lagu         :     Bonang
Pemangku lagu       :     Slentem, gender, gambang
Pembuka lagu         :     Rebab
Penghias lagu          :     Suling, siter, kecer.

Membudayanya Musik Gamelan di Tanah Air

Propinsi di Indonesia ± 58% mempergunakan gamelan sebagai musik tradisinya,  adapun  propinsi  yang  mempergunakan  gamelan  sebagai  musik utama dapat dilihat pada tabel 3.
Propinsi yang menggunakan gamelan :


Propinsi

Nama Gamelan

Lampung Sumatera Selatan Jambi
Sumatera Barat
Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Jawa Tengah
Jawa Barat
Jawa Timur Yogyakarta Bali
NTB      (Kabupaten Lombok) Kabupaten Lombok Kabupaten Sumbawa Kabupaten Bima

Talo Balak
Kelintang 12
Kelintang/Tauh Talempong Gamelan Banjar
Gandang Garantung
Gamelan Degung Gamelan Gamelan Gamelan
Gamelan Lombok Gamelan Gendrung Gamelan Sumbawa Gamelan Bima




Tabel 4
Penggunaan Bonang dan sebutannya di berbagai Propinsi


Propinsi

Nama instrumen jenis Bonang

DKI Sumbar Jambi Lampung
Sumatera Selatan
Riau NTB Kalbar Kaltim Kalteng Sulteng Maluku
Jawa Timur
Jawa Barat Jawa Tengah Yogya
Bali

Kromong Talempong Kelintang Kulintang Kelintang Tetawak Trompong Geremong Klentangan Kangkanong Kandengo-dengo Totobuang Bonang
Bonang Bonang Bonang
Trompong/Reyong

Dari   macam-macam   gamelan   seperti   gamelan   Kodhok   Ngorek, Monggang, Carabalen, Sekaten dan gamelan Ageng.
Kerumitan  bentuk-bentuk   kesenian  mendorong  kita  untuk  memilih
istilah  kesenian  agama  begitu  pula  gamelan  ada  yang  dimainkan  untuk upacara, ada juga gamelan untuk hiburan, ada pula gamelan untuk pengiring dan mandiri.

2.4.3.1.   Gamelan untuk hiburan :
1.   Gamelan Ageng
2.4.3.2.   Gamelan untuk upacara :
1.   Gamelan Kodhok ngorek (upacara pernikahan masyarakat)
2.   Gamelan Monggang (upacara keraton)
3.   Gamelan Sekaten (upacara maulidan dan keraton)
4.   Gamelan  Carabalen  mempunyai  dwifungsi  yaitu untuk upacara dan hiburan.




Gamelan Carabalen



Gamelan ini memiliki fungsi yang pasti yaitu untuk menghormati kedatangan tamu. Gamelan ini pada umumnya dimiliki oleh perorangan maupun lembaga.
Gamelan ini berlaras pelog dan terdiri dari sepasang kendhang, satu
rancak,   gambyong,   satu   rancak   bonang,   sebuah   penonthong,   sebuah kenong, sebuah kempul dan gong.
Menurut Kunst bahwa nama Carabalen memiliki makna filosofis yang berhubungan  dengan  siklus  hidup  manusia.  Berikut  ini denah  penempatan ricikan-ricikan perangkat gamelan Carabalen.




Gamelan Ageng

Perangkat  gamelan  ini dapat  dikatakan  sebagai  perangkat  gamelan standar. Gamelan  ini dipergunakan  untuk berbagai keperluan  yaitu hiburan, ritual, untuk berbagai ekspresi seperti pengiring wayang, tari, teater.

Rincikan pada perangkat gamelan ageng adalah :

a.   Rebab  : terdapat  satu atau dua buah rebab.  Biasanya  rebab ponthang untuk slendro dan rebab byur untuk pelog, dimainkan oleh seorang pengrawit.
b.   Kendhang  : terdiri dari satu kendhang  ageng,  satu kendhang  ketipung,
satu  kendhang  penunthung,  satu  kendhang  ciblon  dan  satu  kendhang wayangan, ditabuh satu atau dua pengrawit.
c.   Gender  : satu gender  slendro,  satu gender  pelog nem (atau bem) dan satu gender pelog barang. Semuanya  berbilah  12 s/d 14 buah, ditabuh oleh seorang pengrawit.
d.   Gender  penerus  :  satu  rancak  gender  penerus  slendro,  satu  gender penerus pelog nem (bem), dan satu gender penerus pelog barang, semua berbilah antara 12 s/d 14 buah, ditabuh oleh seorang pengrawit.
e.   Bonang barung : satu rancak bonang barung slendro dengan 10 dan 12 pencon  dan  satu  rancak  bonang  barung  pelog,  terdiri  dari  14  pencon, ditabuh oleh seorang pengrawit.
f.    Bonang penerus : satu rancak bonang penerus slendro dengan 10 atau
12 pencon dan satu rancak bonang penerus pelog, terdiri dari 14 pencon, ditabuh oleh seorang pengrawit.
g.   Gambang:  satu  rancak  gambang  slendro,  satu  rancak  gambang  pelog
nem dan satu rancak gambang pelog barang, semua berbilah antara 18 s.d. 21 buah, ditabuh oleh seorang pengrawit.
h.   Slenthem:  satu  slenthem  slendro  dan  satu  slenthem  pelog,  masing- masing berbilah tujuh, ditabuh oleh seorang pengrawit.
i.     Demung: satu demung slendro dan satu demung pelog, masing-masing berbilah tujuh, ditabuh oleh seorang pengrawit.
j.     Saron barung:  dua saron slendro  dan dua saron pelog, masing-masing berbilah   tujuh.   Kadang-kadang   salah   satu   saron   slendronya   dibuat dengan sembilan bilah. Saron sembilan bilah adalah saron yang biasa digunakan   untuk  keperluan   wayangan,   ditabuh  masing  masing  oleh seorang pengrawit.
k.   Saron  penerus:  satu  saron  penerus  slendro  dan  satu  saron  pene-rus
pelog, masing-masing berbilah tujuh, ditabuh oleh seorang pangrawit.
l.     Kethuk-kempyang:   satu  set  untuk  slendro  dengan  kempyang  berlaras barang dan kethuk berlaras gulu serta satu set untuk pelog. Kempyang berlaras  nem  tinggi  dan  kethuk  berlaras  nem  rendah,  ditabuh  oleh seorang pengrawit.




m.  Kenong: tiga sampai enam pencon untuk slendro dan tiga sampai tujuh pencon untuk pelog, ditabuh oleh seorang pengrawit.

n.   Kempul: tiga sampai enam pencon untuk slendro dan tiga sampai tujuh pencon untuk pelog.
o.   Gong suwukan: satu sampai dua pencon untuk slendro dan satu sampai tiga
pencon untuk pelog. Suwukan laras barang sering disebut dengan gong siyem.
p.   Gong ageng atau gong besar: satu sampai tiga gong besar yang berlaras nem sampai gulu rendah. Kebanyakan gong ageng dilaras lima.
q.   Siter atau celempung: ada satu siter atau celempung slendro dan satu siter atau  celempung  untuk  pelog.  Sekarang  terdapat  satu  siter  yang  dapat digunakan untuk slendro dan pelog. Siter two in one tersebut disebut dengan siter wolak-walik, ditabuh oleh seorang pengrawit.
r.    Suling: satu suling berlubang empat untuk slendro dan satu suling berlubang lima untuk pelog, dimainkan oleh seorang pengrawit






Bervariasinya   pengaturan   ricikan   gamelan   terutama   atas   pertimbangan fungsinya sebagai musik mandiri atau sebagai sebagai musik iringan.



Tabuhan gamelan mempunyai 2 gaya yakni gaya Solo dan gaya Yogyakarta, yang masing-masing mempunyai kekhasan.
Perbedaan ciri musiknya adalah :
1)  Pola tabuhan kendhang.  Ada kebiasaan  yang berbeda dalam menyebut pola tabuhan kendhang  di kedua daerah inL Seperti kita ketahui bahwa tabuhan   kendhang   sangat   terkait   dengan   bentuk   gendhing;   yang semuanya berbentuk kethuk kalih kerep minggah sekawan, seorang pengendhang "boleh" ngendhangi gendhing-gendhing tersebut dengan menggunakan pola yang sama. Kebiasaan seperti itulah seperti yang diberlakukan  pada gaya Solo. Kebiasaan  di Yogya lebih suka menyebut nama dari salah satu gendhing sebagai model garapan kendhang untuk gendhing-gendhing lainnya yang memiliki bentuk yang sama.
Pola kendhangan kedua daerah memang berbeda. Saya cenderung mengatakan bahwa kendhangan gaya Yogya pada umumnya lebih sigrak (animatif) daripada Solo. Yogya banyak menggunakan garapan yang sinkopatif, sedangkan kendhangan gaya Solo relatif lebih sederhana dan tenang namun dalam.
2)  Bonang.    Bonangan    Yogya   juga   lebih   sigrak   dibandhing    dengan permainan rekannya yang di Solo. Yogya sering menggunakan bonangan tronjolan,  sinkopasi  yang  berkesan  nyrimpet.  Bonangan  Yogya  di  satu segi  tidak  begitu  mempedulikan   alur  melodik,  tidak  masalah  bila  ia meloncat dari daerah suara tinggi ke rendah atau sebaliknya, sedangkan di Solo, kemulusan atau kehalusan alur melodik sangat diperhatikan sehingga  ketika  seorang  pembonang  mendapati  alur  lagu  (balungan)




yang meloncat,  ia harus menemukan  cara agar loncatan  tersebut  tidak nyeklek (patah), biasanya seorang pengrawit harus mele-watinya dengan menggunakan  pola nggembyang  dan/atau menggunakan  rambatan atau peralihan dengan menggunakan pola-pola lagu dengan variasi khusus.
3)  Balungan.   Perbedaan   auditif  yang  paling   gampang   diidentifi-kasikan
adalah  lewat  tabuhan  saron  penerus.  Tabuhan  saron  penerus  Yogya mendahului tabuhan balungan pokok, sedangkan tabuhan saron penerus Solo   mengikuti   balungan   pokok.   Tabuhan   balungan   gaya   Yogya cenderung lebih keras dengan menggunakan  pola dan teknik yang lebih dikembangkan.  Mereka memiliki berbagai teknik tabuhan balungan yang lebih kaya, di antaranya nggenjot, ngencot, kecekan, dan sebagainya. Kebalikannya,     karawitan     gaya     Yogyakarta     cenderung     memilih tempo/irama/laya   yang  lambat,  sedangkan   karawitan  gaya  Surakarta cenderung menggunakan tempo yang lebih cepat.


TUGAS :
1.    Nyanyikan tangga nada diatonis Mayor, Pentatonik Pelog dan Pentatonik Slendro.
2.    Buatlah laporan apresiasi secara berkelompok tentang sebuah lagu tradisional jawa klasik !

No comments:

Post a Comment